ALAT INPUT, OUTPUT DAN INPUT – OUTPUT

Input/output adalah bagian dari sistem mikroprosessor yang digunakan oleh mikroprosessor untuk berhubungan dengan dunia luar. Input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosessor, sedangkan output digunakan untuk menampilkan data atau untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosessor.

A. ALAT INPUT

Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data kedalam sistem komputer. Dalam hal ini data dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video, dan bahkan gerakan. Piranti masukan yang telah ada saat ini sangat beragam yaitu:

a.    Keyboard

Keyboard adalah piranti masukkan yang terdiri atas tuts-tuts atau tombol-tombol seperti mesin tik yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan fungsi berbagai fungsi.

b.    Mouse

Mouse adalah perangkat yang berfungsi untuk menggerakan pointer, menunjuk perintah atau program pada layar monitor.

c.    Scanner

Scanner adalah alat untuk mengubah atau mengkonversi gambar manual menjadi gambar digital sehingga dapat diproses secara digital.

d.    Microphone

Microphone adalah alat untuk mengubah gelombang suara menjadi gelombang elektromagnetis.

e.    Trackball

Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika untuk menggerakkan penunjuk mouse di layar diperlukan penggeseran mouse, penggeseran penunjuk trackball di layar dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan ke arah yang dikehendaki.

f.     Pointing stick

Pointing stick atau kadang disebut stylus adalah alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pinsil, yang biasanya terletak pada laptop keluaran lama. Untuk menggerakkan penunjuk pada layar dilakukan dengan cara menekan piranti ini ke arah yang kita kehendaki.

g.    Touchpad

Touchpad adalah piranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan yang disentuhkan pada touchpad tersebut. Untuk melakukan “klik” pada touchpad biasanya ada tombol yang terletek di dekatnya atau cukup dilakukan dengan mengetuk touchpad tersebut. Touchpad juga banyak digunakan pada computer jenis laptop karena tak memerlukan tempat kerja yang luas.

h.    Touch screen

Touch screen (layar sentuh) adalah piranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka terhadap sentuhan pada layar sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah.

i.      Joystick

Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game). Pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse. Hanya saja penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil atau tombol khusus.

j.     Piranti penunjuk berbentuk pena

Sistem berbasis pena elektronis memungkinkan seseorang memilih, memasukkan perintah, dan bahkan menerima masukan berupa tulisan tangan, jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan menterjemahkan tulisan tangan. Contoh pemanfaatan system komputer berbasis pena adalah pena untuk masukan pada PDA dan berbagai komputer yang dapat dipegang tangan.

k.    Light pen

Light pen adalah piranti penunjuk yang berupa seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya dari rangkaian optic, yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (foto-elektrik). Light pen memungkinkan pemakai menunjuk langsung ke layar di mana pemakai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan.

Contoh pemanfaatan light pen yaitu pada alat pengendali lalu lintas udara pada bandara. Light pen biasa digunakan untuk menampilkan informasi lebih rinci mengenai sebuah pesawat. Caranya yaitu dengan menunjukkan piranti masukan ini pada obyek tertentu yang muncul pada radar.

l.      Digitizing tablet

Digitizing tablet merupakan salah satu piranti digitizer, yaitu piranti yang dapat mengonversi gambar atau foto menjadi data digital. Piranti ini berbentuk seperti papan plastic elektronik yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet akan dapat mengonversikan gerakan tangan pemakai menjadi sinyal digital masukan bagi computer.

m.  Barcode reader

Barcode reader adalah alat yang sejenis dengan scanner foto-elektrik yang mengeluarkan sinar laser untuk membaca data berupa pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual di toko-toko swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi penjualan.

n.    Magnetic ink character recognition (MICR)

MICR dipergunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta khusus pula. Tinta ini nantinya akan dimagnetisasi oleh piranti MICR, sehingga informasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital. Tinta magnetis ini hanya dapat dicetak dengan menggunakan printer laser yang dapat menerima tinta jenis tersebut. MICR merupakan metode yang dapat menyediakan pemrosesan informasi secara aman dan berkecepatan tinggi, penggunaannya biasanya pada cek bank, dengan bagian bawah seringkali terdiri atas karakter dengan bentuk khusus yang berupa nomor cek, nomor pengurutan, dan nomor account pemiliknya.

o.    Optical mark recognition (OMR)

OMR adalah piranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. Piranti ini membaca masukan dengan bantuan refleksi optis, dengan mengenali ketebalan tulisan.

Contoh pemanfaatan OMR ini adalah pada tes-tes penerimaan mahasiswa baru. Peserta tes diminta untuk mengisi bulatan-bulatan jawaban dengan pensil 2B.

p.    Optical character recognition (OCR)

OCR adalah piranti yang dapat membaca teks dan mengonversikannya ke dalam kode digital yang nantinya diproses oleh komputer. Sistem OCR terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data. Pengembangan lebih lanjut dari OCR ini memungkinkan adanya piranti yang dapat membantu menterjemahkan teks, membantu orang yang tak dapat membaca dengan mengubah teks menjadi suara, membacakan cerita untuk kanak-kanak, memasukkan data dari teks di majalah ke memori atau ke tempat kursor di pengolah kata, merekam alamat, mencatat secara langsung hal-hal penting, dan merekam naskah untuk keperluan perpustakaan.

q.    Glove

Glove berbentuk seperti sarung tangan, yang terapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk merekam jenis data kinetis tangan user dan dirubah menjadi digital.

r.     Walker

Walker berbentuk seperti sepatu yang terdapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk menangkap dan merekam data kinetis kaki user dan diubah menjadi digital.

s.    CD-ROM Drive dan DVD-ROM Drive

CD-ROM Drive adalah alat yang menggunakan optic untuk membaca CD, VCD pada komputer. Sedangkan DVD-ROM Drive adalah alat optic untuk membaca media DVD dan juga dapat membaca media CD, VCD pada komputer.

t.     WebCam

WebCam adalah alat untuk menangkap data video dengan resolusi rendah pada computer.

A. ALAT OUTPUT

Piranti keluaran (output device) adalah piranti yang dapat menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer.berdasarkan hasil keluarannya, piranti keluaran dapat digolongkan menjadi:

a.    Monitor

Monitor adalah alat yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk citra digital. Saat ini ada 3 jenis monitor untuk komputer, yaitu Cathode Ray Tube(CRT/Tabung) dan Licuid Cyrstal Display (LCD) serta Plasma yang belum beredar secara umum.

b.    Proyektor

Proyektor adalah alat yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk cahaya yang diproyeksikan kepada suatu layar.

c.    Printer

Printer adalah alat untuk mencetak informasi atau hasil kerja komputer. Adapun jenis-jenis printer diantaranya deskjet, laserjet, dan dot matrix.

d.    Plotter

Plotter adalah alat sejenis printer yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas dan berwarna, seringkali digunakan untuk membuat peta, gambar arsitektur ataupun ilustrasi 3D yang biasanya ukurannya terlalu besar untuk printer.

e.    Speaker dan Headphone

Speaker dan Headphone adalah alat untuk mengeluarkan data audio komputer yang diubah dari data digital menjadi gelombang audio/suara.

A. ALAT INPUT-OUTPUT

Alat input-output adalah perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukkan data ke dalam sistem komputer sekaligus menampilkan hasil pengolahan, pemasukkan data atau perintah komputer. Contoh alat input-output:

a.    Floppy Disk Drive

FDD adalah hardware untuk menulis dan membaca data pada media floopy disk.

b.    CD-RW Drive dan DVD-RW Drive

CD-RW Drive dan DVD-RW Drive adalah hardware untuk membaca dan menyimpan data (burning data) dari dan pada media CD, VCD dan DVD kecuali untuk CD-RW Drive tidak bisa digunakan untuk burning pada DVD.

c.    Blue Ray Drive

d.    Infrared Device

Infrared Device adalah hardware yang memungkinkan pertukaran data antara komputer dengan alat lain seperti Hand Phone dengan media sinar infra merah.

e.    Bluetooth

Bluetooth adalah hardware yang memungkinkan pertukaran data antara komputer dengan alat lain seperti Hand Phone dengan media gelombang radio berfrekuensi tinggi kira-kira 2,4 GHz.

f.     Headset Audio

Headset Audio adalah gabungan antara headphone dan microphone sehingga fungsinya ganda yaitu mengeluarkan data audio dan mengirimkan data audio.

g.    Digital camera pocket, kelebihan kamera jenis ini terletak pada ukurannya yang kecil, kemampuannya berbeda dengan jenis kamera profesional seperti DSLR, namun sekarang sudah banyak kamera yang kapasitas pikselnya sudah mencapai 10 mega pixels (MP) dan kesensitifan cahayanya (ISO) sampai diatas 1000.

This entry was posted in I/O. Bookmark the permalink.

Leave a comment